Saat ini, begitu banyak acara yang bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu sumber penghasilan seperti acara ulang tahun, lamaran, bridal shower, baby shower, dan sebagainya. Kalau kamu punya ide-ide kreatif mengemas suatu acara dan membuatnya semakin meriah, mungkin kamu cocok berbisnis di bidang Event Organizer. Berikut ini tips sukses buat kamu yang ingin membuka bisnis Event Organizer. Langsung simak yuk!
- Pelajari terlebih dahulu
Sebelum terjun ke dunia Event Organizer, kamu wajib mengetahui hal detailnya terlebih dahulu, sekaligus lingkup kerjanya. Kamu bisa mencari tahu hal ini secara online atau langsung bertanya kepada orang lain lebih dulu yang membuka bisnis EO (Event Organizer).
- Sering datang ke berbagai acara
Agar mengetahui apa saja yang wajib dilakukan dalam sebuah acara, kamu harus rajin hadir di setiap acara. Mulai dari seminar, acara launching produk baru, pameran, dan lain-lain. Semakin beragam acara yang kamu hadiri, semakin luas pengetahuanmu.
- Jadi freelance di sebuah EO
Banyak sekali EO yang mencari pekerja freelance untuk event-event besar. Manfaatkan hal tersebut untuk menimba ilmu. Kamu bisa belajar sedikit demi sedikit seluk beluk dunia EO, sekaligus pekerjaan lengkapnya. Jika suatu saat jadi bos, kamu bisa mengatur karyawan dan bisnismu dengan sangat baik.
- Mencari informasi cara membuka EO
Lebih tepatnya, apa saja yang wajib kamu persiapkan. Kamu bisa mulai memasarkan bisnismu dengan cara endorse acara keluargamu. Persiapan modal, alat-alat yang harus dimiliki, tim kreatif, dan lain sebagainya juga harus dipikir secara matang.
- Bentuk marketmu sendiri
Kamu mengambil segmen event organizer secara konvensional, bisa juga menetapkan sebuah target market sendiri. Misalnya, khusus menangani acara ulang tahun, anniversary, hingga perayaan tertentu. Bisa juga EO khusus seminar dan workshop. Kalau segmen pasar sudah ditentukan, kamu bisa fokus mengembangkan bisnisnya.
Itu dia tips yang bisa kamu terapkan ya. Temukan tips lainnya di aplikasi Topkarir & download aplikasinya ya!