APINDO & BPJS Ketenagakerjaan Mempersembahkan program ”APINDO UMKM AKADEMI” yang acara perdananya Launching APINDO UMKM Akademi pada Rabu, 17 Juni 2020, rekaman Livestreaming-nya bisa disaksikan di Postingan sebelumnya, Klik Disini
Agenda Webinar selanjutnya mengangkat tema,
Seri Industri Pangan
MENCIPTAKAN KEUNGGULAN PRODUK
Dalam seri webinar ini akan berlangsung dengan format yang berbeda, yakni peserta dapat memberikan informasi seputar bisnisnya, dan juga bisa konsultasi langsung mengenai masalah apa yang sedang mereka alami dengan kondisi masa pandemic ini, setiap pertanyaan akan dijawab oleh Advisor dan Narasumber yang hadir.
NARASUMBER:
- MEIKA HAZIM - Owner dan CEO Cokelat nDalem
ADVISOR:
- RONALD WALLA - Ketua Bidang UMKM/IKM APINDO
- LISHIA ERZA - CEO ASYX / Komite Pengembangan Kewirausahaan APINDO
FASILITATOR:
- DEWI MEISARI - Co-Founder UKMIndonesia.id / Ketua Komite Bidang Kajian APINDO
- BAYU J WIRYOATMODJO - CEO Top Karir Indonesia
Acara akan berlangsung pada hari Rabu, 24 Juni 2020, Pukul: 15.00-17.00 WIB, Live via Zoom & Livestreaming di website TopKarir
Acara ini Gratis, dan setiap peserta akan mendapatkan E-Certificate, Ilmu, dan Relasi
Untuk pendaftaran bisa langsung mengisi form di bawah ini
https://bit.ly/umkm-akademi
Pertanyaan Webinar Minggu Lalu (17 Juni 2020)
Q: Bagaimana cara bergabung menjadi anggota APINDO dan apa persyaratannya?
A: Untuk menjadi bagian dari APINDO syaratnya sederhana, Anda harus memiliki badan usaha serta melakukan pembayaran sesuai dengan wilayah domisili.
Q: Siapa saja yang bisa mengikuti program APINDO UMKM AKADEMI ini? Apakah ada proses seleksi?
A: APINDO UMKM AKADEMI terbuka untuk siapapun yang mau berusaha untuk menjadi lebih baik dan menjadi bagian dari meningkatkan perekonomian bagi bangsa Indonesia.
Terlebih lagi untuk mereka yang punya keinginan untuk belajar, maju, dan berkompetisi.
Seleksi akan dilakukan di tahap selanjutnya dan disesuaikan dengan sektor usaha serta kebutuhan. Nantinya di sini akan ada proses seleksi.
Q: Apakah program ini akan berjalan dalam jangka panjang dan berkelanjutan?
A: Program ini akan melakukan pendampingan kepada UMKM secara berkelanjutan.
Tim kami yang handal dan profesional sudah berhasil melakukan aktivitas pendampingan selama puluhan tahun.
Kami APINDO sudah berdiri sejak tahun 1952 sebagai wadah strategis tripartit antara Pemerintah, pengusaha, dan pekerja.
Jadi, program ini dibentuk sebagai divisi berkelanjutan untuk pendampingan UMKM di Indonesia.
Q: Apa manfaat dan bantuan yang bisa didapatkan dari program APINDO UMKM AKADEMI? Apakah termasuk bantuan dalam akses pendanaan?
A: Tugas utama kami yakni sebagai fasilitator dan penghubung. Jika bisnis model Anda memenuhi kualifikasi dan cocok untuk pendanaan, kami akan menghubungkan Anda dengan finansial institusi atau investor.
Kalau masih belum memenuhi kualifikasi, untuk mengurangi resiko, bisnis Anda perlu melalui tahap kurasi terlebih dahulu.
Q: Siapa saja yang akan menjadi mentor dalam program ini? Apakah hanya anggota APINDO?
A: Para pelaku usaha profesional yang sudah memiliki segudang pengalaman dan telah sukses mengembangkan bisnisnya, serta mereka yang berkompetensi sesuai dengan kebutuhan.
Q: Apa peran perusahaan besar anggota APINDO dalam program ini?
A: Perusahaan besar memiliki organisasi yang besar, tentunya memiliki banyak profesional yang handal serta berpengalaman.
Kami akan selalu mengumpulkan mereka yang bisa berbagi ilmunya dan resource lain untuk mendukung program pendampingan berkelanjutan ini.
Q: Bagaimana APINDO dapat membantu melindungi UMKM menghadapi gempuran produk dari luar negeri?
A: Di era digital sekarang ini, mereka yang memiliki informasi lebih banyak, akan lebih dulu menjadi para genius idea.
Mereka yang mau bekerja keras akan bisa berkompetisi dengan produk-produk luar.
Disinilah peran ekosistem sangat penting, APINDO berkomitmen untuk memperbesar dan menyempurnakan ekosistem agar roda informasi menjadi semakin cepat dan pembangunan ekonomi UMKM bisa menjadi lebih baik.
Q: Bagaimana APINDO membantu membangun ekosistem untuk UMKM dan melakukan Link and Match?
A: Program ini bekerja sama dengan para pelaku usaha, profesional, asosiasi, akademisi dan startup dari berbagai sektor.
Dengan bantuan digital & virtual technology, pemetaan serta link and match ini akan jauh lebih efektif.
Q: Bagaimana cara bergabung menjadi mentor untuk membantu UMKM dalam program ini?
A: Bagi Anda yang mau berkolaborasi dan berperan untuk kemajuan UMKM, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai mentor di link berikut ini https://bit.ly/pendamping-umkm
Q: Saat ini pengusaha hanya mengandalkan online dan marketplace. Bagaimana cara mengembangkan pasar? Serta bagaimana cara melakukan pemasaran yang baik dengan dana terbatas?
A: Terdapat berbagai cara untuk mengembangkan pasar dengan melakukan pemasaran terbaik walaupun dana terbatas seperti melakukan LKPP ( Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) UMKM.
Strategi marketing dengan menggunakan Omnichannel, dan juga melakukan pemasaran ke komunitas.
Q: Bagaimana pengusaha jasa hiburan seperti Event Organizer dan Voice Over dapat mengikuti program ini?
A: Pengusaha jasa hiburan seperti Event Organizer dan juga Voice Over bisa mengikuti program ini, justru dengan mengikuti program ini Anda dapat mengembangkan bisnis lebih fleksibel dengan mencoba beralih ke digital (Event Organizer Digital).